Ayo bergabung bersama Kami, Komunitas Sehat Synergy!

Misi kami sangat sederhana, yaitu membantu Anda mendapatkan kesehatan berkualitas sekaligus memberikan kesempatan kepada Anda untuk membantu banyak orang menjadi lebih sehat. Sebuah misi mulia yang akan membuat dampak besar kepada hidup Anda dan lingkungan orang-orang yang Anda cintai. Saatnya Anda buat hidup Anda lebih bermakna dan bermanfaat buat hidup banyak orang.


Artikel Kesehatan

Dua Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Orang di Kota Besar Rentan Melar

Obesitas menjadi salah satu faktor penyakit degeneratif rentan dialami warga di kota besar. Ada dua kebiasaan yang ditengarai membuat beberapa warga kota besar memiliki masalah dengan berat badan berlebih. Kebiasaan itu adalah snaking dan skiping.

Diutarakan nutrisionis Mochamad Aldis SKM, penduduk di kota besar sulit mengontrol asupan makanan karena tak tersedianya waktu untuk menyiapkan makanan akibat aktivitas yang padat. Makanan cepat saji pun menjadi pilihan utama.

"Maka dari itu habit yang muncul adalah snacking yaitu ngemil karena nggak ada waktu menyiapkan makanan utama. Lalu sering skiping (menunda) makan pagi, siang, dan malam sehingga pola makan amburadul," tutur Aldis di sela-sela Launching OSIM uShape di Kota Kasablanka, Jakarta, dan ditulis pada Kamis (2/10/2014).

Selain itu, aktivitas fisik yang kurang pun ikut andil dalam terjadinya obesitas. Nah, penyakit degeneratif yang sangat erat kaitannya dengan asupan kalori yakni diabetes melitus tipe 2.

Aldis menuturkan seringkali ditemui kasus prediabetes yang disebabkan asupan kalori tinggi tetapi aktivitas rendah sehingga kadar gula darah meningkat. Perlu diingat, prediabetes belum dikategorikan diabetes.

"Sayangnya, banyak orang yg belum tahu dirinya prediabetes, paling hanya 4-5% yang tau. Padahal pada orang dengan prediabetes, kadar gula darahnya masih bisa dinormalkan lagi," lanjut Aldis.

Kunci untuk mencegah obesitas yang menjadi salah satu pangkal munculnya penyakit degeneratif, dikatakan Aldis lakukanlah pola hidup seimbang. "Usahakan aktivitas fisik dengan baik dan rutin serta asupan nutrisi seimbang," ujarnya.

video

DAPATKAN ARTIKEL KESEHATAN DAN DETOX GRATIS!